Gambaran Umum Desa


GEOGRAFI DAN DEMOGRAFI DESA


Letak Geografis

          Desa Jebengplampitan Kecamatan Sukoharjo terletak pada ketinggian sekitar 500 mdpl, sedangkan untuk topografisnya berada di sebelah barat Desa garunglor( desa paling ujung barat kecamatan Sukoharjo )dengan suhu udara 19-32 ⁰C yang terdiri dari 3 dusun, dan 6 Pedukuhan yaitu Dusun (1) Kutawuluh, (2) Dusun Pucung, meliputi Dukuh Pucung, Gondangsari dan Kenanga. (3) Dusun Pagembrosan meliputi Dukuh Pagembrosan dan kwarasan . Sedangkan jarak dengan ibu kota Kabupaten Wonosobo sekitar +30 km dan jarak dengan Kecamatan Sukoharjo sekitar + 15 km. Desa Jebengplampitan terbagi dalam 15 RT dan 3 RW.

 
   

 


Batas Desa

       Batas Desa Jebengplampitan Kecamatan Sukoharjo sebagai berikut:

  1. Sebelah Utara       : Berbatasan dengan Desa Wanasraya
  2. Sebelah Timur       : Berbatasan dengan Desa Garunglor.
  3. Sebelah Selata       : Berbatasan dengan Desa Suroyudan
  4. Sebelah barat        : Berbatasan dengan Kelurahan Larangan 

Peruntukan Lahan di Jebengplampitan.

        Desa Jebengplampitan merupakan desa dengan kondisi pemukiman yang berbukit-bukit. Sedangkan untuk kondisi lahan mayoritas Sawah yang  seluas 300.5 Ha. Masyarakat Desa Jebengplampitan mayoritas mempunyai mata pencaharian sebagai petani. Maka dari itu seluruh lahan tegalan yang ada dikelola untuk pertanian. Pada umumnya masyarakat Desa Jebengplampitan bercocok tanam berupa salak pondoh dan hortikultura. Namun masih ada sebagian warga yang mengolah perkebunan seperti menanam padi, kelapa, kopi dan albasia.

       Sebagian besar penggunaan lahan di desa Jebengplampitan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Wonosobo diperuntukkan untuk lahan pertanian. Dari total luas wilayah administratif desa Jebengplampitan sejumlah 300.5 Ha, seluas 95.4 % nya digunakan untuk lahan pertanian dan perkebunan. sisanya 4.6 % diperuntukan bagi sarana umum dan pemukiman penduduk. 


Kependudukan

      Jumlah penduduk Desa Jebengplampitan sampai dengan Tahun 2020 adalah 1775 jiwa  terdiri dari laki-laki 914 dan perempuan 861 dengan jumlah kepala keluarga 431.

      Dari total usia produktif sejumlah 1040 jiwa, sejumlah 40.86% warga Jebengplampitan berprofesi sebagai petani. Selebihnya adalah buruh tani, pegawai negei sipil, polri dan karyawan swasta

      Data tersebut menunjukan bahwa potensi pertanian di Desa Jebengplampitan mampu memenuhi kebutuhan hidup masyarakat, tanpa harus menjadi buruh migran dan atau merantau ke daerah lain untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

      Sektor pertanian di desa Jebengplampitan adalah potensi ekonomi utama untuk peningkatan kesejahteraan warga. Sektor pertanian menjadi sumber utama dalam hal perekonomian warga. Maka pertanian di Jebengplampitan akan terus ditingkatkan kualitasnya, untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Jebengplampitan.

      Berdasarkan data tersebut, tingkat pendidikan penduduk di desa Jebengplampitan masih sangat rendah. Berdasarkan data kependudukan tersebut, jumlah penduduk usia produktif (18-56 tahun) yang tidak pernah sekolah, pernah sekolah SD tapi tidak tamat, dan yang tamat sekolah SD/sederajat mencapai  65.91%. Sementara penduduk yang tamat SLTP/sederajat dan SLTA/sederajat mencapai 11.36%. Sedangkan jumlah penduduk yang tamat perguruan tinggi/sederajat hanya 0.39%. Sisanya masih dalam proses pendidikan di tingkat PAUD/TK.

      Peningkatan tingkat pendidikan menjadi tantangan bagi desa Jebengplampitan. Kedepan, warga Jebengplampitan harus memiliki tingkat pendidikan yang lebih baik, untuk secara tidak langsung membantu peningkatan kualitas produksi pertanian yang menjadi sumber utama pendapatan warga desa Jebengplampitan. 


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 085211083398
Email:  jebengplampitan.wonosobokab@gmail.com
Website: https://jebengplampitan-sukoharjo.wonosobokab.go.id

Jl. Gunung Karang No. 02 Jebengplampitan Sukoharjo Tlp. ...............KP. 56363